Fungsi Kegunaan Pasir Silika Silica Sand

Fungsi Kegunaan Pasir Silika Silica Sand

Pasir Silika Silica Sand

Pasir Silika Silica Sand

Apa itu pasir silika? Dan apa saja manfaatnya? Mari simak penjelasan berikut.

Sebagai pelaku usaha Air Minum Isi Ulang, pasti tidak asing lagi dengan media pasir silika yang sangat membantu dalam penjernihan air.
Di Indonesia sendiri meskipun dikatakan sebagai negara yang subur serta terdiri dari berpulau pulau nyata nya kebutuhan air bersih masih bisa dikatakan belum cukup,
Di daerah perkotaan pasti nya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pasir silica sebagai media filter penjernih air untuk memenuhi kebutuhan air bersih.
Apa sih itu Pasir Silica atau Silica Sand beserta kegunaannya?
Pasir Silika yang sering disebut dengan pasir kuarsa Adalah Jenis Pasir yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Sebagai contoh pasir silika bisa digunakan untuk bahan baku kaca, keramik bahkan untuk saringan filter air.
Pasir Silika juga merupakan salah satu mineral yang umum ditemukan di kerak kontinen bumi. Mineral ini memiliki struktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika trigonal terkristalisasi (silikon dioksida, SiO2), dengan skala kekerasan Mohs 7 dan densitas 2,65 g/cm³. Bentuk umum kuarsa adalah prisma segienam yang memiliki ujung piramida segienam.
Dalam kegiatan industri, penggunaan pasir kuarsa sudah berkembang meluas, baik langsung sebagai bahan baku utama maupun bahan ikutan. Sebagai bahan baku utama, misalnya digunakan dalam industri gelas kaca, semen, tegel, mosaik keramik, bahan baku ferro silikon, silicon carbide bahan abrasif (ampelas dan sandblasting). Sedangkan sebagai bahan ikutan, misal dalam industri cor, industri perminyakan dan pertambangan, bata tahan api (refraktori), dan lain sebagainya.

Berikut beberapa Fungsi Kegunaan Pasir Silica

  1. Sebagai Penjernihan Air
    Pasir Silika/Silica Sand atau Pasir Kuarsa/Pasir Kuarsa (SiO2), berfungsi untuk menghilangkan kandungan lumpur atau tanah dan sedimen pada air minum atau air tanah atau air PDAM atau air gunung pada industri pengolahan air, biasanya difungsikan sebagai pre-filter untuk diproses dengan filter berikutnya, seperti carbon active filter, manganese filter, softener filter dll.
  2. Pasir Silika untuk sand blasting.
    Sand Blasting adalah teknik membersihkan kerak-kerak /karat di mesin/logam dengan semprotan pasir silika tekanan tinggi. biasanya ukuran mesh 8×30 yang dipakai di sana. ada beberapa industri yang rutin membutuhkan pasir silika.
  3. Pasir Silika untuk cor-coran/konstruksi.
    Pasir Silika untuk cor-coran/konstruksi biasanya menggunakan ukuran 14×20.
  4. Pasir Silika untuk bahan genteng metal/logam agar meredam suara hujan
    Pasir silika digunakan sebagai bahan tambahan pada industri genteng metal/logam agar ketika turun hujan dapat meredam suara rintikan air hujan yang mengenai genteng
  5. Pasir Silika sebagai bahan baku semen/mortar/ready mix.
  6. Pasir Silika digunakan sebagai bahan baku pabrik keramik.
  7. Pasir Silika berguna sebagai campuran bahan industri.
    Pasir Silika digunakan sebagai bahan campuran pada industri karet/ban/cat yang berfungsi sebagai bahan pengeras dengan ukuran yang digunakan nano silica

Proses Penambangan Pasir Silika atau Pasir Kuarsa

Proses penambangan pada pasir silika dimulai dari menambang pasir kuarsa sebagai bahan baku. Pasir kuarsa yang telah ditambang tersebut kemudian dilakukan proses pencucian untuk membuang kotoran. Tahap terakhir, pasir kuarsa tersebut dipisahkan sesuai dengan ukurannya, dan dikeringkan kembali sehingga diperoleh pasir dengan kadar SiO2 yang lebih tinggi dari sebelumnya. ref.

Bagi bapak/ibu Sobat INVIRO semua, yang hendak sedang mencari/membutuhkan  dan berbagai parts/material/komponen alat filter penjernih air minum dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke Nomor Kontak Layanan CS Kami Disini Fungsi Kegunaan Pasir Silika Silica Sand. Terimakasih