Fungsi Kegunaan Resin Softener

Fungsi Kegunaan Resin Softener

Fungsi Kegunaan Resin Softener

Fungsi Kegunaan Resin Softener

Apa itu Resin Softener? Dan apa saja manfaatnya? Mari simak penjelasan berikut.

Di Indonesia meskipun dikatakan sebagai negara yang subur serta terdiri dari berpulau pulau nyata nya kebutuhan air bersih masih bisa dikatakan belum cukup,
Di daerah perkotaan dan juga industri pasti nya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Resin Softener sebagai media filter penjernih air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun industri.

Resin Softener atau yang sering disebut dengan Resin Kation Asam Kuat (Strong Acid Cation) adalah salah satu dari resin yang paling banyak digunakan, terutama untuk aplikasi softener, karena resin ini efektif untuk menghilangkan ion kekerasan seperti magnesium (Mg+) atau kalsium (Ca2+). Variasi tertentu dari resin Stong Acid Cation juga telah dikembangkan untuk aplikasi yang menuntut penghapusan barium dan radium dari air minum atau aliran lainnya. Resin Strong Acid Cation dapat rusak oleh oksidan dan diotori oleh besi atau mangan, jadi harus berhati-hati untuk menghindari paparan resin pada bahan-bahan ini.
Dikehidupan masyarakat sendiri resin jenis ini sebagian besar digunakan untuk mengatasi air yang banyak mengandung zat kapur tinggi, diimana zat kapur yang tinggi sangat tidak baik bagi kesehatan.

Bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan tentunya air yang dikonsumsi atau digunakan untuk mencuci kemungkinan besar mengandung kapur dengan kadar yang tinggi. Dalam hal ini air dengan kandungan kapur tersebut lebih mudah menyebabkan timbulnya kerak, membuat pakaian putih lebih mudah kusam serta bisa digunakan untuk memasak menyebabkan kerak pada panci sehingga membutuhkan gas elpiji lebih banyak.

Selain kasus di dalam rumah, juga kasus-kasus di dunia industry misalnya saja industri farmasi, tekstil dan sebagainya yang memerlukan air murni untuk proses pada boiler sehingga membutuhkan filter softener sebagai alat untuk penyerapan kapur untuk menghindari dampak buruk yang terjadi oleh karena akibat air tersebut memiliki kesadahan yang tinggi.
Ciri-ciri air yang mengandung zat kapur tinggi antara lain : banyak kerak putih di kamar mandi, busa sedikit saat mencuci, dan air terasa licin. Zat kapur yang terlarut dalam air merupakan salah satu zat yang berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah yg banyak.

Cara Regenerasi Resin Softener atau Resin Kation Asam Kuat (Strong Acid Cation) 
Proses regenerasi yaitu proses pengaktifan dari media resin kation dan media garam NaCl murni yang dialirkan. Caranya siapkan garam dapur atau NaCl murni sekitar 20% kemudian larutkan dalam air menggunakan tabung khusus lalu proses regenerasi pun dapat dilakukan.

Aplikasi dan Penerapan Water Softener
Dalam sektor rumah tangga, untuk softener dapat digunakan atau diterapkan untuk mencegah timbulnya kerak-kerak pada kran air atau alat masak lainnya. Dan dalam sektor industri softener diaplikasikan pada saat industri tersebut menggunakan mesin-mesin atau peralatan yang menggunakan air sebagai bahan penunjangnya, contoh boiler, chiller dan cooling tower. Beberapa mesin tersebut bisa didapatkan dengan harga kompetitif yang saat ini banyak dijual oleh para penyedia jasa pemurnian air.  Air dengan kesadahan tinggi akan mengakibatkan kinerja dari boiler menjadi tidak efektif karena cycle blowdownnya yang terlalu pendek.ref.

Bagi bapak/ibu Sobat INVIRO semua, yang hendak sedang mencari/membutuhkan  dan berbagai parts/material/komponen alat filter penjernih air minum dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke Nomor Kontak Layanan CS Kami Disini Fungsi Kegunaan Resin Softener. Terimakasih