Fungsi Kegunaan Pasir Aktif Active Sand

Fungsi Kegunaan Pasir Aktif Active Sand

Kegunaan Pasir Aktif Active Sand
Kegunaan Pasir Aktif Active Sand

Apa itu pasir aktif? Dan apa saja manfaatnya? Mari simak penjelasan berikut.

Sebagai pelaku usaha Air Minum Isi Ulang, pasti tidak asing lagi dengan media pasir aktif yang sangat membantu dalam penjernihan air. Di Indonesia sendiri meskipun dikatakan sebagai negara yang subur serta terdiri dari berpulau pulau nyata nya kebutuhan air bersih masih bisa dikatakan belum cukup.
Di daerah perkotaan pasti nya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya pasir aktif sebagai media filter penjernih air untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Pasir aktif adalah hasil olahan dari pasir silika yang dilapisi mangan dioksidan, pasir aktif mengandung zat kimia teroksidasi agar memiliki kemampuan mengikat zat besi (Fe), mangan (Mn) dan zat-zat lainnya yang terlarut dalam air dalam kadar yang berlebihan.

Fungsi Pasir Aktif Sebagai Penjernih Air

Fungsi Pasir Aktif adalah Untuk menghilangkan kandungan besi tingkat rendah (Fe) kurang dari 5ppm, maksudnya kandungan besi di dalam air tidak terlalu tinggi sehingga cukup dihilangkan dengan pasir aktif saja. Selain itu dapat menghilangkan bau besi/banger dalam air, menghilangkan sedikit Mangan (Mn2+) dan warna kuning di air tanah atau air PDAM atau air gunung.
Pasir Aktif memiliki keungulan karena terbuat dari bahan padat yang sangat keras sehingga tahan untuk operasi yang bertekanan tinggi dan mempunyai kadar zat aktif yang tinggi (3-5%) sehingga mampu menjamin umur pemakaian yang lama.
Contoh pemakaian pasir aktif antara lain :

  1. Menghilangkan besi dan mangan terlarut dalam air untuk keperluan industri dan rumah tangga
  2. Sebagai pretreatment pada boiler water treatment, yaitu untuk melindungi ion exchange dari deposit Fe dan Mn
  3. Menghilangkan besi dan mangan pada air di cooling tank
  4. Menghilangkan besi dan mangan terlarut dalam air yang digunakan untuk proses industri seperti textile dan garmen
  5. Menghilangkan kandungan hydrogen sulfide (H2S) dalam air, yang sering menjadi penyebab timbulnya bau banger pada air

Proses penyaringan pasir aktif terjadi saat air yang mengandung Fe dan Mn terlarut melewati butir-butir pasir aktif, sehingga permukaan butiran pasir aktif akan mempercepat reaksi oksidasi Fe dan Mn menjadi senyawa yang terpisah dan tidak larut dalam air. Endapan tersebut akan tertahan di butiran pasir aktif. Disamping itu permukaan pasir aktif juga akan mengoksidasi dan menyerap bau dari kandungan H2S yang terlarut dalam air. Untuk membersihkan endapan tersebut cukup dengan melakukan cuci balik (backwash) dengan kecepatan flowrate standart

Masa pemakaian pasir aktif

Untuk masa pemakaian pasir aktif tergantung pada kondisi air yang ada dilokasi, semakin bagus kondisi air maka pasir aktif akan semakin lama dalam mencapai titik jenuh, dan semakin buruk kondisi air maka pasir aktif akan semakin cepat mencapai titik jenuh. Tetapi pada umumnya masa pemakaian pasir aktif yaitu 1 tahun.
ref.

Bagi bapak/ibu Sobat INVIRO semua, yang hendak sedang mencari/membutuhkan berbagai parts/material/komponen alat filter penjernih air minum dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke Nomor Kontak Layanan CS Kami Disini Fungsi Kegunaan Pasir Aktif Active Sand. Terimakasih.