Fungsi Kegunaan Anti Flow RO

Fungsi Kegunaan Anti Flow RO

Fungsi Kegunaan Anti Flow RO

Fungsi Kegunaan Anti Flow

Apa itu Anti Flow RO? Dan Apa Saja Kegunaannya? Mari Simak Penjelasan Berikut

Ati Flow RO atau yang disebut juga Flow Restrictor untuk Reverse Osmosis
Memiliki fungsi untuk mengurangi debit air yang keluar agar membran RO dapat memproduksi air yang semakin bersih.

Cara menghitung antara Flow Restrictor dengan Hasil RO:

  • Jika ukuran angka pada Flow Restrictor semakin kecil maka produksi debit air pada mesin RO semakin besar sehingga membuat umur membran lebih pendek.
  • Jika ukuran angka pada Flow Restrictor semakin besar maka produksi debit air pada mesin RO semakin kecil sehingga membuat umur membran lebih panjang.

Anti FLow yang beredar di pasaran tersedia beberapa ukuran antara lain:
300cc, 450cc, 550cc, 600cc, 750cc, 800cc, 1000cc, dan juga ada Anti Flow atau Flow Meter dengan satuan GPM, yaitu 2 GPM dan 5 GPM

Anti Flow Meter RO adalah spare part / komponen accessories mesin ro undersink untuk rumah tangga/kapasitas kecil. Anti Flow ini berbentuk switch sensor air yang mempunyai lubang inlet/input ukuran 1/4″ sehingga cocok sekali untuk dihubungkan dengan selang RO ukuran 1/4″. Anti Flow Meter RO ini mempunyai standart grade food dan berfungsi untuk menyalurkan air pembuangan hasil penyaringan/filterisasi membran RO (Reverse Osmosis).

Komponen ini penting / wajib ada pada rangkaian mesin RO (Reverse Osmosis) undersink anda, sesuaikan ukuran Anti Flow Meter RO anda dengan kapasitas produksi membran RO anda, seberapa besar kapasitas produksi membran RO anda, harus sesuai / berbanding lurus dengan Anti Flow RO anda, jangan sampai membran RO anda kapasitasnya besar, namun Anti Flow RO yang anda pasang adalah Anti Flow RO dengan ukuran kecil. begitu juga sebaliknya, jangan sampai Membran RO yang anda gunakan adalah Membran RO kapasitas kecil, namun Anti Flow Meter RO yang anda pasang adalah Anti FLow Meter RO dengan ukuran besar.

Anti Flow Meter RO selain berfungsi untuk menyalurkan air pembuangan / limbah produksi air RO (Reverse Osmosis)Anti Flow Meter RO ini mempunyai keunggulan ganda yaitu bersifat one way (satu arah) yang akan mem-block/mengunci/menghalangi arah aliran/flow air yang berlawanan dengan arah aliran normal.
Sehingga air buangan/limbah RO tidak dapat masuk kembali ke membran RO, hal ini bertujuan supaya membran RO tidak tercemar air dari arah pembuangan untuk menghindari membran RO tercemar oleh air buangan produksi membran RO tersebut.

Reverse osmosis RO (Osmosis terbalik) adalah suatu metode penyaringan yang dapat menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi(lapisan penyaring). Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan sehingga zat pelarut murni bisa mengalir ke lapisan berikutnya. Membran seleksi itu harus bersifat selektif atau bisa memilah yang artinya bisa dilewati zat pelarutnya (atau bagian lebih kecil dari larutan) tapi tidak bisa dilewati zat terlarut seperti molekul berukuran besar dan ion-ion. Osmosis adalah sebuah fenomena alam yang terjadi dalam sel makhluk hidup dimana molekul “solvent” (biasanya air) akan mengalir dari daerah berkonsentrasi rendah ke daerah Berkonsentrasi tinggi melalui sebuah membran semipermeabel. Membran semipermeabel ini menunjuk ke membran sel atau membran apa pun yang memiliki struktur yang mirip atau bagian dari membran sel. Gerakan dari “solvent” berlanjut sampai sebuah konsentrasi yang seimbang tercapai di kedua sisi membran. ref.

Bagi bapak/ibu Sobat INVIRO semua, yang hendak sedang mencari/membutuhkan  dan berbagai parts/material/komponen alat filter penjernih air minum dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke Nomor Kontak Layanan CS Kami Disini Fungsi Kegunaan Anti Flow RO. Terimakasih