Fungsi Kegunaan Filter GAC (Granullar Activated Carbon)

Fungsi Kegunaan Filter GAC (Granullar Activated Carbon)

Fungsi Kegunaan Filter GAC (Granullar Activated Carbon)

Fungsi Kegunaan Filter GAC

Apa itu Filter GAC (Granullar Activated Carbon)? Dan apa saja manfaatnya? Mari simak penjelasan berikut

Sebagai pelaku usaha Air Minum Isi Ulang, pasti tidak asing lagi dengan Filter GAC yang sangat membantu dalam penjernihan serta menyegarkan air
Di Indonesia sendiri meskipun dikatakan sebagai negara yang subur serta terdiri dari berpulau pulau nyata nya kebutuhan air bersih masih bisa dikatakan belum cukup,
Di daerah perkotaan pasti nya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya GAC sebagai media filter penjernih air untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan juga untuk kebutuhan air minum.

Filter Cartridge GAC atau biasa disingkat dari Granular Active Carbon (GAC) adalah Filter Cartridge yang dapat diisi ulang/diganti, yang berfungsi untuk menyerap atau menghilangkan air yang berbau, bau klorin atau bau kaporit dan lai sebagainya. Filter Cartridge GAC ini terbuat dari bahan karbon aktif berbentuk butiran seperti pasir (granular) dan Cartridge ini harus dimasukkan kedalam housing filter sesuai dengan ukuranya. Filter Cartridge GAC yang berukuran tinggi 10 inchi harus dimasukkan ke dalam housing filter dengan tinggi 10 inchi pula. Demikian juga varian produk Filter Cartridge GAC yang berukuran tinggi 20 inchi harus dimasukkan ke dalam housing filter tinggi 20 inchi pula. Biasanya setelah pemakaian dalam jangka waktu 3 s/d 4 bulan filter cartrige GAC ini harus diganti atau bisa lebih lama/cepat tergantung tingkat pemakaian dan kondisi air baku yang akan disaring, tergantung kualitas air baku yang anda gunakan. Semakin bagus kualitas air baku yang digunakan, maka semaki lama titik jenuh penggunakan Filter Cartridge GAC tersebut. Biasanya filter Cartridge GAC  dipakai di mesin RO di tahap ke kedua yaitu setelah penyaringan oleh Filter Cartridge Spoon Sediment, atau juga bisa digunakan pada rangkain produksi Depot Air Minum Isi Ulang Air Mineral anda.

Berikut beberapa kelebihan dan fungsi Filter GAC secara umum dalam penyaringan air :

Fungsinya dari Filter Cartirdge GAC (Granullar Activated  Carbon)

  • mengurangi / menghilangkan pestisida, kaporit, klorin, chlorine
  • membuat air tidak ber-bau
  • menciptakan rasa air lebih normal
  • menyaring kotoran, debu, pasir, karat, cacing, lumpur
  • membuat air lebih bersih
  • men-jernihkan air keruh ber-warna kuning, hitam, coklat

Aplikasi

  • Rumah
  • Kantor
  • Industri / Pabrik

Ulasan Singkat Referensi Dari Wikipedia Tentang Filter GAC
Karbon filtering adalah metode filtering yang menggunakan tempat tidur karbon aktif untuk menghilangkan kontaminan dan kotoran, dengan menggunakan adsorpsi kimia.

Setiap partikel / butir karbon menyediakan struktur luas permukaan / pori besar, yang memungkinkan kontaminan kemungkinan paparan maksimum untuk situs aktif dalam media filter. Satu pon (450 g) mengandung karbon aktif luas permukaan sekitar 100 hektar (40 hektar).

Activated carbon bekerja melalui proses yang disebut adsorpsi, dimana molekul polutan dalam cairan untuk diperlakukan terjebak di dalam struktur pori substrat karbon. Karbon filtering umumnya digunakan untuk pemurnian air, dalam pembersih udara dan pengolahan gas industri, misalnya penghapusan siloxanes dan hidrogen sulfida dari biogas. Hal ini juga digunakan dalam sejumlah aplikasi lain, termasuk masker respirator, pemurnian tebu dan dalam pemulihan logam mulia, terutama emas. ref.

Bagi bapak/ibu Sobat INVIRO semua, yang hendak sedang mencari/membutuhkan  dan berbagai parts/material/komponen alat filter penjernih air minum dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke Nomor Kontak Layanan CS Kami Disini Fungsi Kegunaan Filter GAC (Granullar Activated Carbon). Terimakasih