Fungsi Kegunaan Membran RO (Reverse Osmosis)

Fungsi Kegunaan Membran RO (Reverse Osmosis)

Kegunaan Membran RO (Reverse Osmosis)

Apa itu Membran RO (Reverse Osmosis)? Dan apa saja manfaatnya? Mari simak penjelasan berikut

Sebagai pelaku usaha Air Minum Isi Ulang, pasti tidak asing lagi dengan Membran RO (Reverse Osmosis) yang sangat membantu dalam penjernihan serta menyegarkan air.
Di Indonesia sendiri meskipun dikatakan sebagai negara yang subur serta terdiri dari berpulau pulau nyata nya kebutuhan air bersih masih bisa dikatakan belum cukup.
Di daerah perkotaan pasti nya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Membran RO sebagai media filter air untuk memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari.

Membran RO (Reverse Osmosis) adalah suatu alat atau teknologi yang digunakan untuk pemurnian air secara selektif dengan menghilangkan ion, molekul, dan partikel yang lebih besar dari air minum. Hasil dari penyaringan membran RO dinamakan air RO (Reverse Osmosis).
Air RO (Reverse Osmosis) adalah jenis Air, dimana di dalam air tersebut tidak mengandung unsur mineral air, jadi unsur mineral yang terkandung didalam air seperti Magnesium, Kalium, Zat Besi, Kalsium, dan unsur mineral air lainnya disaring/dibuang/dihilangkan, sehingga secara unsur kimiawi Air RO struktur unsurnya adalah H2O saja (unsur air itu saja).

Membran RO atau biasa kita sebut dengan Membran Reverse Osmosis adalah membran yang terbuat dari selaput semipermeable yang dapat diisi ulang yang berfungsi untuk menyaring atau memfilter air dari kandungan logam, virus atau bakteri sehingga menghasilkan air murni bebas dari pencemaran. Membran ini dapat menurunkan tds (total dissolved solids) karena mempunyai ukuran pemfilteran yang sangat halus yaitu mencapai 1/10.000 mikron atau setara dengan sehelai rambut di bagi satu juta. Dengan ukuran sekecil ini maka virus, bakteri dan kandungan logam akan tersaring dimana ukuran membran ro jauh lebih kecil dari ukuran virus, bakteri dan kandungan logam.Membran RO ini harus dimasukkan kedalam housing RO sesuai ukuranya masing-masing. Biasanya setelah pemakaian 1 tahun membran RO ini harus diganti atau bisa lebih lama/cepat tergantung tingkat pemakaian dan kondisi air baku yang akan disaring.

Masyarakat mengenal aplikasi Reverse Osmosis ini pada depot air minum isi ulang, karena sebagian besar aplikasi sehari-hari membran RO untuk depot Air Minum Isi Ulang.
Hal ini karena sistem filter Reverse Osmosis akan menghasilkan air minum yang aman dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh EPA (Environmental Protection Agency) yang ada di Amerika Serikat, yang meliputi batasan kontaminan :

  • Microorganisme (Cryptosporidium, Giardia lamblia, Heterotropic Plate Count (HPC), Legionella, Coliform, Turbidity, Virus)
  • Disinfection byproduct (Bromate,Chlorite, Haloacetic Acids, Trihalomethanes)
  • Disinfektan (Kloramin, Klorin, Klorin Dioksida)
  • Kimia anorganik (Antimony, arsenik, asbestos, barium, berrylium, cadmium, chromium, tembaga, sianida, florida, timbal, raksa, nitrat, nirtit, selenium, thallium)
  • Kimia organik (Acrylamide, Alachlor, Atrazine, Benzene, Carbofuran, Carbon Tetrachloride, Chlordane, Chlorobenzene, 2,4D-Dalapon, 1,2-Dibromo-3-Chloropropen (DBCP), o-Dichlorobenzene, p-Dichlorobenzene, 1,2-Dichloroethane, dll)
  • Radionuklida (Alpha particles, beta particle, radium, uranium)

Kecepatan atau kapasitas membran RO dikuantifikasi dalam satuan GPD (Gallon per Day). Gallon sendiri adalah satuan yang dipakai di Amerika dengan konversi ke Indonesia sebagai :
1 Gallon = 3,785 Liter. ref.

Bagi bapak/ibu Sobat INVIRO semua, yang hendak sedang mencari/membutuhkan  dan berbagai parts/material/komponen alat filter penjernih air minum dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke Nomor Kontak Layanan CS Kami Disini Fungsi Kegunaan Membran RO (Reverse Osmosis). Terimakasih